Selasa, 24 November 2009

PENGOLAHAN DATA RISET PEMASARAN (Dengan SPSS For Windows)


1 PENDAHULUAN






Seiring dengan perkembangan zaman, Riset Pemasaran sebagai suatu bidang Ilmu telah mengalami perkembangan yang cukup pesat baik secara metodologi maupun teknologinya. Perkembangan teknologi computer dirasakan juga ikut mempermudah para peneliti baik praktisi peneliti pemasaran maupun kalangan akdemisi dengan hadirnya berbagai program pengolahan data statistik (software) seperti SPSS, SAS, SYSTAT dsb. Perkembangan tersebut hendaknya juga diikuti oleh tersedianya sumber daya manusia yang memadai.

SPSS (Statistic Program for Social Science) adalah salah satu program pengolahan data statistik yang banyak digunakan, telah mengalami berbagai perubahan, dari versi DOS sampai versi WINDOWS. Saat ini SPSS Inc. telah mengeluarkan SPSS for Windows versi 16 yang dapat dijalankan melalui sistem windows 95 ke atas. Dibandingkan dengan SPSS/PC+ yang beroperasi melalui Dos, SPSS for Windows banyak menyajikan kemudahan (User friendly), antara lain adanya kotak dialog yang ada pada menu pull down, sehingga pengguna dalam memberikan perintah tidak perlu menuliskan perintah (command) terlebih dahulu, namun cukup dengan mengklik menu-menu yang ada pada menu pull down (kesalahan ketik pada perintah tidak akan terjadi). Bila dikehendaki perintah-perintah yang diklik melalui mouse tersebut bisa disimpan dan ditampilkan dalam systax window untuk di edit dan kemudian dijalankan.

Kelebihan lain dari SPSS for Windows adalah tersedianya output editor yang memungkinkan pengguna melakukan editing sesuai dengan yang dikehendaki sebelum output dicetak. SPSS for Windows juga bisa membaca data dari program lain seperti Dbase, Excell dan Lotus melalui data editor. Sedangkan analisis statistik yang disediakan mencakup analisis deskriptif maupun inferensi baik variable tunggal maupun ganda, SPSS juga mampu mengeluarkan Tabel dengan berbagai macam pilihan format.

Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang consumer goods, tentunya sangat membutuhkan adanya informasi yang berasal dari konsumen/masyarakat sebagai pengguna produk tersebut. Untuk mencapai hal itu selayaknya perusahaan melakukan berbagai kegiatan survey pemasaran dan terus menerus melakukan evaluasi agar dicapai hasil yang maksimal dan sesuai dengan harapan masyarakat.

Kegiatan survey yang dilakaukan haruslah terkoordinir dan terintegrasi dengan segenap unit-unit dalam departemen pemasaran, sehingga hasilnya dapat direalisasikan dan dilaksanakan oleh unit-unit pendukung tersebut.

Menyediakan informasi dan data yang tepat dan akurat, merupakan hal yang sangat penting, oleh karena itu pelatihan " Pengolahan Data Riset Pemasaran" dimaksudkan untuk menjembatani antara sunber data yang ada dengan manajemen atau decision maker agar mendapat informasi yang tepat dan akurat.

1 komentar:

  1. Hehehe...
    ini mata pelajaran yang aku gak lulus-lulus
    karena aku belum ngambil kelasnya

    padahal sebenarnya pelajaran ini sangat mendukung pekerjaanku

    salam

    BalasHapus